Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Penyebab Benjolan di Belakang TelingaAda banyak sekali jenis penyakit yang menjadi penyebab benjolan di belakang telinga, mulai dari kondisi ringan yang tidak memerlukan bantuan medis ataupun kondisi serius. Dalam kebanyakan kasus, benjolan di belakang telinga tidaklah berbahaya dan jarang berkembang menjadi sesuatu yang mengancam jiwa.

Benjolan di belakang telinga, biasanya bisa disembuhkan dengan minum obat medis yang diberikan oleh dokter. Namun dalam beberapa kasus juga, benjolan ini dapat menandakan masalah kesehatan lain yang lebih serius.

Lalu apa sajakah penyebab benjolan di belakang telinga?

Pada kesempatan kali ini, obatmataminusherbal.com akan berbagai informasi tentang penyebab benjolan di belakang telinga. Berikut informasi lengkapnya.

Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Infeksi bakteri dan virus, contohnya radang tenggorokan dan infeksi mononucleosis (virus Epstein-Barr), dapat menyebabkan pembengkakan di dalam dan sekitar leher dan wajah, hingga menimbulkan benjolan di belakang telinga. Berikut beberapa infeksi penyebab munculnya benjolan di belakang telinga.

Pembengkakan kelenjar getah bening di belakang telinga

Limfadenopati merupakan pembengkakan kelenjar getah bening yang biasanya disebabkan oleh infeksi, peradangan, atau kanker. Tidaklah aneh jika kelenjar yang ada di bawah lengan, leher, panggul, dan belakang telinga ini menjadi bengkak sewaktu-waktu.

Bisul di belakang telinga

Bisul adalah benjolan merah pada kulit yang terasa sakit dan berisi nanah. Benjolan ini muncul akibat infeksi bakteri yang memicu peradangan pada folikel rambut, yaitu lubang tempat tumbuhnya rambut. Bagian tubuh yang paling sering terkena bisul adalah wajah, leher, belakang telinga, ketiak, bahu, bokong, dan paha.

Kista ateroma di belakang telinga

Kista adalah benjolan berupa kapsul berisi cairan di kulit, berbentuk bulat, yang disebabkan oleh penyumbatan kelenjar minyak. Kista ini memiliki ciri khusus adanya titik hitam di puncak yang sebenarnya merupakan muara dari kelenjar minyak yang mengalami penyumbatan.

Abses di belakang telinga

Abses merupakan sekumpulan nanah yang terkonsentrasi di satu titik pada bagian tubuh tertentu. Kebanyakan abses menyebabkan peradangan dan pembengkakan di daerah sekitarnya. Abses dapat terjadi di mana saja seperti kulit, jaringan lunak, hati, dan bahkan otak.

Lipoma di belakang telinga

Lipoma adalah benjolan lemak yang tumbuh secara lambat di antara kulit dan lapisan otot. Lipoma bisa bergerak atau bergeser jika ditekan dengan jari secara perlahan dan terasa lunak. Ketika ditekan, lipoma biasanya tidak menyebabkan rasa sakit.

“Artikel penyebab benjolan di belakang telinga yang kami tulis bukan sepenuhnya tulisan kami, ada beberapa sumber atau referensi yang sering kami cantumkan jika memang tulisannya hasil copypast dari website lainnya”

Sumber : alodokter

Penyebab Benjolan di Belakang Telinga

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.